Beliau adalah murid kesayangan dari DR.H. Abdul Karim Amrullah.
Ketika Inyiak De-er tersebut tidak lagi aktif di Thawalib
Padang Panjang, maka beliaulah yang kemudian memegang
kendali Thawalib sebagai
sutradara. Dedikasi beliau yang sangat besar dalam pendidikan dan karang mengarang.[1]
Satu keistimewaan beliau, meski tidak pernah belajar di Mekah, beliau mampu menulis
karya-karya dalam bahasa Arab yang mudah dipahami.
Hal ini tentunya karena ketekunan
belajar beliau. Beberapa karangan beliau yang dikenal dan menjadi buku acuan di pesantren-pesantren ala modern adalah:
1) Mabadil Awwaliyah, as-Sulam
dan al-Bayan (3 seri ini dalam
Ushul Fiqih )
2)
Al-Mu'inul Mubin (5 jilid, termasuk
bagian fara'idh )
3) Al-Hidayah ila ma yanbaghi minaz ziyadah 'alal Bidayah
4) Tahzibul Akhlaq (2 jilid)
Meski tidak terlibat
dalam pergolakan agama awal abad XX, namun beberapa karya beliau tampak mencerminkan faham keagamaan, sebagai gurunya, Inyiak Rasul. Dan pemikiran beliau itu kemudian dapat tersebar, tanpa bersitegang urat leher, lewat karya-karya beliau yang harum di madrasah-madrasah swasta dan negeri. Diantaranya, dalam kitab Tahzibul Akhlaq mencerminkan sikap beliau terhadap Tasawuf dan prakteknya. Dalam kitab ini beliau menulis satu sub bahasan dengan tajuk Ushul Dhilalah min Bab Tasawwuf kesesatan
(pokok-pokok Tasawwuf), dimana beliau menukil
beberapa kata kaum Sufi dan diberi komentar
dengan mengutip kata-kata
Rasyid Ridha.[2] Dalam tulisan beliau mengenai Akhlaq ini tampak beliau begitu menonjolkan Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim al-Jauzi beliau
menyebutkan bahwa keduanya adalah ulama-ulama yang rasikh dan mempunyai ilmu yang multidisipliner. Keduanyalah, lanjut Tuanku Mudo Abdul Hamid, yang menjadi Ahlul Haq , dalam hal ini telah membuka kedok Tasawuf yang sesat-sesat itu.
0 Comment