Syekh Muhammad Jamil Jambek
(1862-1947)
Syekh
Muhammad Jamil Jambek atau yang dikenal pula dengan Inyiak Jambek
adalah seorang ulama terkemuka dari golongan
Muda. Beliau merupakan seorang alim yang
mahir dalam ilmu Falak, masyhur
digelari dengan al-Falaki. Sebagai temannya, Syekh Dr. Abdul Karim Amarullah, beliau
mempunyai pengaruh besar dalam
pembaharuan di Minangkabau. Begitu pula dalam
bidang sosial keagamaan
tak kurang pula besar jasa beliau, sehingga oleh Gubernur Sumatera Barat,
Harun Zen, beliau diberi penghargaan sebagai
Pejuang Agama (1975).
Sebuah sebutan yang memang pantas untuk ketokohan
Syekh Jambek.
Muhammad Jamil dilahirkan di Bukittinggi, pada tahun
1962. Setelah menamatkan Gouvernement, arah hidup tampak hanyut dalam dunia kelam. Beliau saat itu hidup
sebagai parewa dan tak jarang berbuat
kejahatan, seperti mencuri.
Keberanian beliau sebagai
parewa tersebut disokong
oleh ilmu guna-guna
yang dipakainya, yang dulu
sempat dipelajarinya dari seorang Batak dan dukun-dukun daerahnya sendiri. Sampai satu ketika jalan hidup
beliau berubah. Satu ketika, tanpa rencana, beliau
tersesat ke Surau Angku Kayo
di Mandiangin.
Disininya Angku Kayo menasehati beliau dengan bijaksana. Maka hilanglah sikap parewa Syekh Jamil beransur-ansur. Setelah belajar di Surau Angku Kayo, beliau sempat belajar agama ke
Koto Mambang (Pariaman) dan Batipuah Baruah (Padang Panjang).
Pelajaran selanjutnya dalam menuntut ilmu beliau lakoni di tanah Suci Mekah. Di sana beliau diasuh oleh seorang
dermawan Minangkabau kala itu,
Syekh Salim. Di Mekah, Syekh Jamil lebih kurang menghabiskan waktu menuntut ilmu selama 10 tahun.
Diantara guru-guru
beliau ialah Syekh Ahmad Khatib al- Minangkabawi, Tuanku Khatib Kumango,
Syekh Thaher Jalaluddin, Syekh Ba Fadhal dan Syekh Serawak. Salah satu bidang keahlian yang ditekuni selama di
tanah suci ialah Falak. Karena kepintarannya beliau mampu menguasai
ilmu Falak dengan matang, penguasaan beliau itu kemudian
diiringi oleh pengakuan Syekh Thaher Jalaluddin, sang guru.
Pada
tahun 1903 Syekh Jamil pulang ke Kampung halamannya Minangkabau, dan kemudian
mulai mengabdikan diri mengajarkan ilmu yang telah diperoleh selama di Haramain. Disamping
itu beliau juga mengadakan pembaharuan dalam pengajarannya, dimana biasanya pengajaran agama waktu itu dengan
berhalaqah memegang satu kitab,
beliau yang pertama melakukan
pengajaran dengan bertabligh. Di surau beliau, Surau Sawah Tangah Bukittinggi dan Surau di Kamang, Syekh Jambek mengajar dengan berceramah. Ketika muncul
pembaharuan gaya kaum Muda yang dimulai
oleh Dr. Abdul Karim Amarullah, Syekh Jamil kemudian bergabung dengan sahabat-sahabatnya itu, maka beliaulah salah satunya yang menjadi pimpinan
ulama muda.
Syekh
Jamil Jambek wafat pada tahun 1947 dan dimakamkan di depan surau beliau,
surau Sawah Tangah Bukittinggi. Selain mewariskan
ilmu Falak kepada generasi berikutnya, beliau juga meninggalkan beberapa buah karangan. Diantara karangan beliau tersebut
antara lain:
1) Penerangan Tentang Asal Usul Tarikat
Naqsyabandiyah dan Segala yang Berhubungan dengan dia.
Persoalan
Tarikat Naqsyabandiyah menjadi salah satu topik hangat yang selalu diperdebatkan oleh kaum Muda kala itu. Beberapa tulisan yang ditulis oleh ulama
Muda telah banyak menggemparkan masyarakat, sebab banyak dari tulisan- tulisan itu bernada keras terhadap amalan
Tarikat. Disisi lain tak kurang pula
pembelaan dari ulama-ulama Tua lewat karya tulis yang tak jarang
beroleh pujian.
Syekh Jambek selaku salah seorang yang dituakan dari golongan muda tak ketinggalan mengambil bagian dalam masalah
ini. Namun tak seperti teman-temannya yang
lain yang menghujat Tarikat dengan
nada keras, Syekh Jambek dalam
tulisannya menguraikan Tarikat dengan
lebih lunak. Konon Syekh Jambek
tersebut pernah mengamalkan Tarikat Naqsyabandiyah.143 Dan kecaman Syekh Jambek ini baru
keluar pada tahun 1940, jauh sesudah pergolakan hebat kaum Muda tersebut, dan jauh pula setelah
ulama-ulama terkemuka kaum Tua wafat.
Karya Syekh
Jambek ini terdiri dari 2 jilid. Pada jilid pertama Syekh Jambek menjelas
hal-hal yang berkaitan
dengan Tarikat Naqsyabandiyah, seperti asas-asasnya hingga kaifiyah-kaifiyah dalam Tarikat ini. Baru pada jilid kedua Syekh Jambek mengemukakan bantahan-bantahannya terhadap
Tarikat Naqsyabandiyah dengan berpedoman kepada salah satu kitab pegangan kaum Tarikat yaitu al-Bahjatus
Saniyyah fi Adabit Tariqatil ‘Aliyah
an-Naqsyabandiyah karangan Syekh Muhammad bin Abdullah al-Khani
al- Khalidi an-Naqsyabandi.
Pada jilid kedua ini, Syekh Jambek membahas 10 topik berkaitan dengan Tarikat Naqysabandiyah,
yaitu (1) tentang surat Mujaddid dan Syekh Khalid Kurdi yang
berisi larangan mengerjakan Rabithah;
(2) tentang Pelajaran
cara menghormati guru; (3)
sebab perubahan nama Silsilah; (4) tentang Ayat-ayat
al-Qur’an yang dijadikan
dalil dalam mensahkan amalan Tarikat; (5) Pedoman
dalam menafsirkan al-Qur’an; (6) Keterangan tentang
keadaan kaum Tarikat
yang memutar makna al-Qur’an; (7) Bukti ayat al-Qur’an tentang kesucian Nabi Yusuf; (8)
Kedudukan Tarikat menurut Syara’;
(9) Bid’ah dan penerangan tentang Tawasul; (10) cara mengambil Talqin.[1]
Risalah ini kemudian dicetak
pada percetakan Tsamaratul Ikhwan Fort de Kock, pada tahun 1941. diterbitkan oleh Zainal ‘Abidin
Tangah Sawah dengan perbelanjaan dari Datoeak Manggolak
Basa.
2) Muqaddimah fi Hisabil Falakiyah Mukhtashar Mathla' as- sa'id fi hisabat
al-Kawakib
Sebagai tertera
pada judul, karya ini merupakan
satu keringkasan dari satu
kitab yang lebih luas dalam ilmu Falak (Hisab)
yang tidak diketahui pengarangnya.
Karya ini ditulis dalam bahasa Arab dan masih dalam bentuk manuskrip, terdiri dari 5 bagian pembahasan, diantaranya tentang mengetahui bulan Arab, mengetahui Kusuf dan khusuf,
mengetahui Qilblat dan lainnya.
Pembahasan dalam karya ini cukup ringkas
sehingga tulisan ini hanya terdiri
beberapa lembar saja. Karya ini selesai di tulis di Mekah pada tahun 1316 H, atau 1896.
[1] Syekh Muhammad Jamil Jambek, Penerangan Tentang Asal Usul Tarikat
Naqsyabandiyah dan Segala yang berhubungan dengan dia (Bukittinggi: Tsamaratul Ikhwan, 1941) hal.
2
0 Comment