1.
Jenis Penelitian
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif,
yaitu menggambarkan kejadian yang terjadi di lapangan sesuai dengan kenyataan,
dan teori yang telah dikemukakan
2.
Lokasi Penelitian
Sebagai penentuan lokasi, penulis
menetapkan di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, karena MTI Bayur merupakan
sebuah lembaga pendidikan agama yang berbentuk Madrasah yang berada di Nagari
Bayur, Kecamatan Tanjung Raya Maninjau Kabupaten Agam yang berdiri semenjak
tahun 1930.
3.
Populasi dan Sampel
a.
Populasi
Populasi adalah semua nilai baik dari
hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kuantitatif maupun kualitatif dari
karakteristik tertentu mengenai sekelompok objek yang lengkap dan jelas.6
Dalam pembahasan ini populasinya adalah
siswa kelas I, II, III, Aliyah di MTI Bayur sebanyak 278 orang untuk lebih
jelasnya dapat di lihat pada tabel berikut :
Tebel I
Populasi
No
|
Klasifikasi
|
Jumlah
|
1.
|
Siswa Kelas I MTS
|
72
orang
|
2.
|
Siswa Kelas II MTS
|
54
orang
|
3.
|
Siswa Kelas III MTS
|
49
orang
|
4.
|
Siswa kelas I Aliyah
|
30
orang
|
5.
|
Siswa kelas II Aliyah
|
28
orang
|
6.
|
Siswa kelas III Aliyah
|
42
orang
|
7.
|
Guru Bidang Studi Aqidah Akhlah |
1 orang
|
8.
|
Kepala Sekolah |
1 orang
|
|
Jumlah |
278 orang
|
b.
Sampel
Sampel adalah sebagian anggota populasi yang di ambil
dengan menggunakan tekhnik tertentu.7Dalam
hal ini Suharsimi Arikunto berpendapat sebagai berikut : “Maka apabila
subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil seluruhya, sehingga penelitian
merupakan penelitian populasi, jika selanjutnya
subjeknya besar dari 100 dapat diambil antara 10% sampai 25%.
Penulis hanya mengambil populasi kelas II dan kelas III
Aliyah sebanyak 70 orang secara purposif randon sampel alasannya, karena kelas
II, III Aliyah sudah mengetahui kondisi dan pengalaman belajar dengan guru yang
bersangkutan sedangkan kelas I MTS sampai kelas I Aliyah belum mengenali proses
belajar mengajar dilingkungan sekolahnya dan tidak mengerti apa yang akan
penulis berikan sesuai dengan angket yang akan diisikan.
Berdaarkan pendapat di atas maka
penulis menetapkan sampel, populasi 70 orang siswa yaitu kelas II dan III
dengan menggunakan teknik purposif random sampel yakni mengambil sampel dengan
cara mengambil subjek bukan didasarkan strata atau daerah, tetapi berdasarkan
tujuan tertentu populisi random sampel ini ditujukan pada kelas II dan III
Aliyah, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 2.
Tabel II
Sampel
No
|
Klasifikasi
|
Jumlah
|
1.
|
Siswa Kelas II Aliyah
|
28
orang
|
2.
|
Siswa Kelas III Aliyah
|
42
orang
|
3.
|
Guru Aqidah Akhlak
|
1
orang
|
4.
|
Kepala Sekolah
|
1
orang
|
|
Jumlah |
72
orang
|
4.
Sumber Data
a.
Data Primer yaitu : data yang
diperoleh sendiri secara mentah dari objek penelitian.8Yang
penulis maksud adalah data yang diperoleh dari guru bidang studi, Kepala
Sekolah siswa.
b.
Data Sekunder yaitu : data yang
diperoleh dari bahan perpustakaan untuk melengkapi data primer. Adapun data
sekunder yang penulis gunakan adalah data yang diperoleh dari buku-buku yang
berhubungan dengan pembahasan skripsi ini.
5.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik yaitu
:
a.
Observasi, sebagai pengamatan dan
pencatatan sistematis terhadap gejala yang tampak pada objek, hal ini
ditunjukkan kepada guru bidang studi aqidah akhlak yaitu bagaimana langkah
evaluasi yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
b.
Wawancara terstruktur, ditujuksn
kepada guru bidang studi aqidah akhlak, dan kepala sekolah.
c.
Angker, ditujukan kepada siswa,
apakah ia setelah menerima materi ada perubahan kearah yang lebih baik.
6.
Teknik Pengolahan Data
Setelah data
terkumpul, maka penulis membaginya kepada dua kelompok yaitu :
a.
Data yang bersifat kualitatif
Data ini penulis peroleh dari responden melalui wawancara.
Cara menganalisanya dengan mengadakan seleksi terhadap jawaban yang diberikan,
mengklasifikasikan kemudian merumuskannya dalam bentuk kata-kata.
b.
Data yang bersifat Kuantitatif
Data ini penulis peroleh dari responden melalui angket yang
penulis sebarkan kepada siswa. Cara mengolah dan menganalisanya penulis
menempuh langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Seleksi data yang telah terkumpul
2.
Mengklasifikasikan masalah pada
sebuah tabel
3.
Mengadakan perhitungan
4.
Menghitung frekuensi (F) dari
masing-masing alternatif jawaban untuk semua item.
5.
Menghitung presentasenya (%) dari
masing-masing frekuensi, dengan rumus
P =
x 100 %
Keterangan
:
P =
Angka Presentase
F =
Frekuesi yang sedang dicari
N =
Jumlah Frekuensi / banyaknya individu9
6.
Mengadakan interpretasi dan
analisa data dalam bentuk kalimat sederhana.
7.
Mengambil kesimpulan dengan
kriteria sebagai berikut :
0 %
|
|
: Tidak ada sama
sekali
|
1 %
|
- 25 %
|
: Sedikit sekali
|
25,01%
|
- 49,9%
|
: Sebahagian
kecil
|
50 %
|
|
: Separoh
|
50 %, 01%
|
- 75 %
|
: Sebahagian
Besar
|
75,01%
|
- 99,9
|
: Pada umumnya
|
100 %
|
|
: Seluruhnya10
|
F. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini penulis mulai dari bab I berupa pendahuluan
yang terdiri dari latar belakang masalah, tujuan dan kegunaan penelitian,
penjelasan judul, metodologi penelitian dan sistematikan penulisan.
Pada Bab II berisikan pembahasan tentang pengertian evaluasi,
prinsip-prinsip evaluasi, fungsi evaluasi, objek evaluasi, ruang lingkup
evaluasi hasil belajar, tekhnik evaluasi, langkah evaluasi aspek dan
psikomotor.
Pada Bab III analisa hasil penelitian yang terdiri dari sejarah
monografi MTI Bayur, langkah yang dilakukan guru dalam evaluasi aspek afektif
dan aspek psikomotor.
Bab IV merupakan penutup yang berisikan kesimpulan saran.
[1] Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada, 1996) Cet. Ke-1. h.60
[2] Mode Pidarta, Landasan Kependidikan, (Jakarta : PT. Rineka
Cipta, 1997), Cet.ke 1, h
3 Samasul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam,
(Jakarta : PT. Inter Masa, 2002, Cet ke-2 h. 78-79
4
Nana, Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Semarang : PT.
Remaja Rosdakarya, 1990), Cet ke 1, h.40
5 Ibid..,42
6
Amirul Hadi, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung : Pustaka Setia,
1983), h. 35
7
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek
(Jakarta : Bina Aksara, 1998), h .107
8 Joko
Subagyo, Metode Penelitian, (Jakarta : Rineka Cipta, 1997), Cet ke-2h.87
9 Anas
Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo,1988), Cet. ke-2, h.40
10
Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan ( Bandung : Usaha
Nasional, 1982), h.119
0 Comment